Sabtu, 19 Juli 2008

Tugas Kedua Filsafat Umum: Mencari sumber lain yang memberi makna tentang "philos", "sophos", philein", dan "sophia" serta manfaat belajar filsafat.


Kata filsafat berasal dari bahasa Yunani, yaitu philosophia yang terdiri dari dua suku kata yakni philos yang berarti cinta, atau philia yang berarti persahabatan, dan kata sophos yang berarti inteligensi, kebijaksanaan, keterampilan, pengalaman, dan pengetahuan.

Imam Bernadib menganggap bahwa kata filsafat berasal dari bahasa Yunani, philosophia dan philosophos. Kata ini terambil dari kata philos dan sophia atau philos dan sophos. Philos berarti cinta dan sophia atau sophos berarti kebijaksanaan, pengetahuan dan hikmah. Seseorang dapat disebut telah berfilsafat menurut Bernadib, apabila seluruh ucapan dan perilakunya mengandung makna dan ciri sebagai orang yang cinta terhadap kebijaksanaan, cinta terhadap pengetahuan dan cinta terhadap hikmah.

Menurut Harun Nasution, falsafat berasal dari bahasa Yunani yang tersusun dari dua kata, yakni philein dalam arti cinta dan sophos dalam arti hikmat (wisdom).

Manfaat belajar filsafat bagi seorang akademisi adalah kita dapat mengerti tentang apa itu filsafat dan dapat mengajarkan berfikir untuk mencari solusi dari suatu masalah yang dihadapi.


Tidak ada komentar: