Senin, 14 Juli 2008

FILSAFAT UMUM

TEORI KEBUTUHAN ABRAHAM MASLOW

Teori kebutuhan Maslow dimulai dengan memenuhi kebutuhan yang terpenting dahulu lalu menuju kepada kebutuhan yang selanjutnya.

Lima teori kebutuhan dasar Maslow
1. Kebutuhan fisiologis
Kebutuhan fisiologis adalah kebutuhan terpenting manusia yang harus diutamakan untuk menunjang kehidupan. Contohnya adalah pangan/makanan, sandang/pakaian, papan/rumah, dan kebutuhan biologisnya seperti bernafas, buang air kecil, buang air besar, dan sebagainya. Jika seseorang ingin menjalankan aktivitas, kebutuhan inilah yang harus dipenuhi terlebih dahulu agar dapat berhasil menjalankan aktivitasnya. Manusia tanpa memenuhi kebutuhan makan dan minumnya tidak akan dapat melangsungkan hidup. Jika seseorang ingin melakukan sebuah pekerjaan dengan keadaan perut lapar, orang itu tidak dapat berkonsentrasi melakukan pekerjaannya dengan baik.
2. Kebutuhan keamanan dan keselamatanSetelah memenuhi kebutuhan fisiologisnya manusia memerlukan kebutuhan yang kedua ini untuk dapat hidup bahagia. Contohnya adalah bebas dari teror, bebas dari rasa sakit, bebas ancaman. Seseorang tidak akan dapat hidup dengan aman dan nyaman, jika ia mendapatkan ancaman atau teror dari orang lain.
3. Kebutuhan sosial
Setelah kebutuhan keamanan dan keselamatan, yang selanjutnya adalah kebutuhan sosial. Contohnya adalah memiliki teman, memiliki keluarga, kebutuhan cinta dari lawan jenis, dan lain sebagainya. Manusia tidak dapat hidup sendiri tanpa bantuan orang lain, manusia perlu bersosialisasi untuk dapat menjalankan kehidupannya dengan layak.
4. Kebutuhan penghargaan.
Selanjutnya adalah kebutuhan penghargaan. Dengan kebutuhan ini seseorang dapat memuaskan batinnya. Contohnya adalah pujian, tanda jasa, piagam, hadiah, dan lain sebagainya. Jika seseorang mendapatkan hal demikian, orang itu akan merasa senang dan bangga atas usaha yang telah ia lakukan.
5. Kebutuhan aktualisasi diri.
Dan yang terakhir adalah kebutuhan aktualisasi diri. contohnya adalah kebutuhan dan keinginan untuk bertindak sesuka hati sesuai dengan bakat dan minatnya. Manusia mempunyai hak untuk melakukan apa saja sesuka hatinya, selama dalam batas yang wajar dan tidak merugikan diri sendiri maupun orang lain. dan ia juga mampunyai hak untuk mengembangkan bakat dan minatnya sesuai dengan kemampuan masing-masing.

Jadi, dalam teori hirarki kebutuhan dasar Abraham Maslow, yang terpenting adalah kebutuhan fisiologis (makan). karena untuk memenuhi kebutuhan yang lain, kebutuhan inilah yang harus dipenuhi terlebih dahulu, demi memperlancar kelangsungan hidup.


Tidak ada komentar: